Share

5 Fakta Raja Charles III Berusaha Pahami Alquran, Belajar Bahasa Arab

Tim Okezone , Okezone · Selasa 13 September 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 18 2666049 5-fakta-raja-charles-iii-berusaha-pahami-alquran-belajar-bahasa-arab-2G9evr2qaw.jpg Raja Charles III (Foto: BBC)
A A A

JAKARTA - Raja Charles III resmi menjadi Raja Inggris usai sang ibunda Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun. Nasib umat Islam di Inggris pun menuai sorotan usai Raja Charles menduduki takhta. 

Berikut fakta-faktanya:

1. Lebih dari 3 juta orang Muslim di Inggris

Lebih dari tiga juta orang beragama Islam tinggal di Inggris. Kemudian, banyak lainnya tersebar di negara-negara yang memiliki hubungan dengan Inggris.

 BACA JUGA:Raja Charles Akan Terbang ke Skotlandia untuk Jaga Peti Mati Ratu Elizabeth

2. Raja Charles belajar pahami Alquran

Raja Charles ternyata memiliki hasrat untuk tetap berhubungan baik dengan umat Islam. Bahkan, menurut Masjid Pusat Cambridge, Raja telah belajar bahasa Arab untuk memahami Alquran.

3. Pendukung dialog antaragama

Raja Charles telah lama menjadi sosok yang mendukung dialog antaragama. Terlihat saat dia berkomentar dalam pidato 1993 bahwa dia sepenuh hati percaya bahwa hubungan antara dunia Kristen dan Islam sangat penting.

Sebab, kebutuhan keduanya untuk hidup dan bekerja sama di dunia membuat saling bergantung dan tidak pernah lebih besar.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Raja Charles pelindung Pusat Studi Islam Oxford

Ben Judah dari Dewan Atlantik, sebuah think tank, mencatat Raja Charles adalah pelindung Pusat Studi Islam Oxford dan sering berbicara tentang pembelajaran dari Islam.

Dia juga kerap secara tradisional memberikan pidato menyambut festival Idul Fitri setiap tahun.

5. Raja Charles diyakini bakal mengayomi Muslim

Ratu Elizabeth II terkenal karena keterlibatannya dengan komunitas Muslim di Inggris.

Menurut Zara Mohammed, Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris, Ratu adalah anggota kerajaan pertama yang mengunjungi masjid di Inggris. Warisan kebaikan itu tampaknya siap untuk dilanjutkan di bawah Raja baru, Raja Charles III.

"Kami di Dewan Muslim Inggris ingat bagaimana Ratu mengabdikan hidupnya untuk pelayanan publik dan mencari persatuan di antara komunitas Inggris," katanya kepada R4 Sunday.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini